ARTIKEL, PENTAS PAI, YES

 

PENTAS PAI, YES…

Oleh : Sobarudin*

Tepat pada hari Sabtu tanggal 2 maret 2024 M berbarengan dengan tanggal 21 bulan Sya'ban 1445 H, pagi sekitar jam 06.30 WIB pada peserta Wisuda Tahfidz juz 30 dan peserta lomba Pentas PAI tingkat SD KKG Kecamatan Kramatmulya mulai berdatangan di SD Unggulan Kabupaten Kuningan, mereka didampingi oleh para Pembina. Pembina yang setia membersamai mereka semenjak mereka berlatih di sekolahnya masing-masing. Cuara pagi itu nampak cerah, seserah wajah-wajah polus dan lugu para peserta Wisuda Tahfidz dan berbagai macam lomba. Dari wajah mereka nampak makna tersirat, merasa bangga atas keikutsertaan dirinya pada kegiatan yang sebentar lagi akan iya ikuti, iya bangga sebab dengan ini dia menjadi duta duta dari sekolah yang selama ini iya menimba ilmu, dalam benaknya iya akan senang jika pada saat pengumuman kejuaraan, dapat mempersembahkan tropi atau piala ke pangkuan orang tua dan lembaga pendidikan tercinta.

Lebih kurang jam 08.15 WIB dengan memperhatikan peserta wisuda dan lomba pada dan para tamu undangan pejabat terkait sudah hadir, maka upacara pembukaanpun segera di mulai, pada kesempatan itu pak Yayan S, S.Pd.I selaku ketua KKG PAI Kecamatan Kramatmulya berpesan agar seluruh peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan hidmat dan serius, kemudian dari kegiatan ini pula diharapkan menjadi motivasi bagi para Hafidz juz 30 untuk senantiasa istiqomah menjaga hafalannya bahkan harus lebih ditingkatkan, jangan puas hanya hafal juz 30 saja tetapi ditambah dengan juz juz yang lain, bahkan tidak menutup kemungkinan hafal sampe 30 juz. Kemudian kepada para peserta lomba Pentas PAI, beliaupun berpesan agar mengikutinya dengan sepenuh hati, serius dan mengindahkan tata tertib dari panitia lomba. Tak lupa iyapun mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung baik secara pemikiran, ide, tenaga bahkan dukungan materi. Kegiatan ini pula di support penuh oleh K3S SD Korwil Kecamatan Kramatmulya.

Kegiatan Wisuda dan pentas PAI tingkat SD di KKG PAI kecamatan Kramatmulya adalah kegiatan rutin tahunan, adalah pa Uha Nasuha, S.Pd.I selaku Ketua Panitia pada kegiatan itu melaporkan Dasar kegiatan, tema, Kepanitiaan, cabang lomba dan jumlah peserta lomba juga jumlah dewan juri, beliau juga menghaturkan terima kasih kepada berbagai elemen atau unsure yang telah menyokong, sehingga kegiatan Wisuda dan Pentas PAI dapat terselenggara. Selanjutnya PS Korwil Bidik Kecamatan Jalaksana H. Uju Juhardi, S.Pd. merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan Wisuda dan pentas PAI tahun ini yang apabila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya mengalami progress baik, baik dari sisi jumlah peserta, jenis lomba dan keterlibatan dewan juri yang Independen.

Pada kesempatan ini pula hadir dan turut bangga adalah pak PS Asep Usaku selaku Pengawas PAI kecamatan Kramatmulya. Selain itu hadir pula PS Bina Disdikbud kabupaten Kuningan pa Iwan Hernawan, M.Pd. keduanya merasa bangga dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara Wisuda dan Pentas PAI SD di KKG PAI Kecamatan Kramatmulya, beliau mengaharapkan agar kegiatan seperti ini terus diselenggarakan dan ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya, sehingga diharapkan terjaring siswa siswi bertalenta untuk kemudian diikutsetakan jari peserta di tingkat yang lebih tinggi, mulai dari tingkat Kabupaten, Propinsi bahkan Nasional. Tentu kita akan bangga sebagai praktisi dunia pendidikan khususnya bidang studi PAI.

Jenis lomba pada kegiatan pentas PAI ini adalah; Pildacil, MTQ, Syarhil Qur'an, Kaligrafi, Musik Religi dan Tahfidz juz 30. Ke 6 jenis lomba ini memang dilaksanakan berjenjang mulai tingkat KKG, Gugus, Kabupaten, Propinsi dan Tingkat Nasional.

Selanjunya, setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan me Wisuda siswa-siswa Tahfidz juz 30 , acara berlangsung cukup hidmat di ikuti oleh semua peserta yang telah berseragam. Mereka memakai toga kebesaran layaknya sarjana yang akan di Wisuda selepai menyelesaikan studi di jenjang Sarjana, Magister atau Doktoral. Wajah wajah bangga terlihat tatkala ia menerima sertifikat bukti ia telah di Wisuda sebagai hafidz juz 30. Untuk ukuran tingkat Sekolah Dasar kegiatan ini sungguh membanggakan, tidak saja para hafidz juz 30, orang tua, guru-guru dan lembaga pendidikan juga ikut merasa bangga.

Seiring berjalan waktu, sekitar jam 14.30 WIB semua cabang lomba telah selesai dilaksanakan, tibalah saatnya menanti pengumuman kejuaraan dan pembagian hadish lomba, para hakim atau dewan juga memasuki ruangan panitia untuk menyerahkan bukti penilaian kepada panitia, selanjunya panitia merekap dan menyiapkan segala sesuatunya hingga acara pengumuman dan penyerahan Piala, Sertifikat kejuaraan selesai. Sekitar pukul 15.00 dimulailah pengumuman kejuaraan dan pembagian Piala siap dilaksanakan, tentu saja di atas panggung utama. Para peserta lomba didampingi Pembina telah siap duduk di kursi depan panggung utama tentunya.

Selanjunya dilakukanlah prosesi penyerahan Piala dan Sertifikat kejuaraan kepara mereka mereka sebagai pemenang lomba. Satu sisi rasa haru, bahagia, bangga, syukur kental terasa oleh para pemenang, tetapi pada sisi lain perasaan sebaliknya, sedih, sedikit kecewa bagi mereka yang belum beruntung memenangi tiap cabang lomba. Pada sisi inilah perlunya nasihat dan bimbingan seorang Pembina kepada peserta didik binaanya agar jangan lupa diri dan sombong bagi yang beruntung dan jangan putus asa, sakit hati bahkan kecewa bagi mereka yang belum beruntung, ingatkan mereka masih punya kesempatan diwaktu yng akan datang, terus berlatih dan berlatih tentu saja tidak lupa banyak berdo'a, karena manusia hanya berupaya, tetapi hasil hanya Allah SWT yang menentukan.

Selanjunya selesai acara diatas, berhamburanlah sejumlah peserta dan pembinanya, ada yang ber foto ria ada juga yang langsung persiapan pulang ke rumah masing-masing, dari potret kegiatan diatas maka dapat kita ambil hikmah dan pelajaran bahwa; anak didik adalah titipan dari orang tua yang harus di bina dan dilatih oleh bapa ibu guru di sekolah, tidak ada anak bodoh, yang ada adalah guru kurang dan salah dalam mendampingi peserta didik, pada dasarnya setiap manusia mempunyai talenta masing-masing. Hikmah selanjunya adalah tiap lomba pasti ada pihak yang menang dan kalah, tanamkan hal itu pada peserta didik sehingga mereka faham dan menjadi infestasi pemahaman baginya dimasa yang akan datang kelak saat dewasa. Hikmah selanjunya adalah manusia adalah makhluk sosial, hal ini bermakna untuk bisa sukses dan bertahan hidup manusia haruslah bekerjasama dengan orang lain, dalam pelaksanaan Wisuda dan Pentas PAI kita bisa belajar bahwa sukses kegiatan itu adalah buah dari sinergi kerja sama dan kerja keras  semua pihak.

Terakhir marilah kita tingkatkan kerjasama dan saling berbagi ilmu, pengalaman dan uluran tangan secara materi untuk mensukseskan suatu kegiatan, kegiatan apapun itu kuncinya adalah kerja keras dan kerjasama. Wallohu 'alam.

 

*Penulis adalah guru PAI di SMPN 2 Cibingbin

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DO'A PENUTUPAN PERKEMAHAN

DO'A PEMBUKAAN PERKEMAHAN

DO'A API UNGGUN