Sejarah Berdiri SMPN 2 Cibingbin

 Sejarah Berdiri  SMP Negeri 2 Cibingbin

SMP Negeri 2 Cibingbin berdiri pada tahun 2001, dibangun diatas tanah seluas 6000 m2, kepemilikan tanah ini di beli dari salah seorang tokoh desa Sindangjawa yakni bapak H. Komarudin.S.Pd.I. Sumber dana pendirian SMP Negeri 2 Cibingbin ini dari Kemendikbud Pusat yakni bantuan dari Bank Dunia melalui progam Basic Education Project (BEP) pada tahun 2001. 

Awal penentuan lokasi sekolah, Kepala desa Sindangjawa waktu itu bapak H. Kosim mengusukan supaya di bangun di Limus Sadem yakni ladang milik warga desa Sindangjawa, Kepala desa Cipondok bapak Edi Supriadi kala itu mengusulkan dibangun di sebelah utara desa Cipondok tepatnya di pesawahan sebelah utara pemukiman warga, kemudian kepala desa Ciangir kala itu pa Muhpid diwakili oleh ketua BPD yakni pa H. Ajud Wasjud, S.Pd mengusulkan supaya strategis dan central antara desa Cipondok- Ciangir dan Sindangjawa karena ke 3 desa itu sebagai desa Penyangga kedepannya, lebih baik SMP Negeri 2 Cibingbin dibagun di pesawahan warga, sebelah selatan desa Sindangjawa, sebelah utara desa Ciangir, sebelah barat desa Cipondok. 

Terjadilah musyawarah yang cukup alot, diantara tokoh 3 desa dan panitia pendiri untuk kemudian konsultasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, sehingga di sepakati usulan dari tokoh desa Ciangir yakni pa H. Ajud Wasjud, S.Pd. yang cocok yakni lokasinya seperti sekarang ini.

Lokasi SMP Negeri 2 Cibingbin yaitu di pesawahan, diapit secara strategis oleh 4 desa. Di sebelah selatan ada desa Ciangir, di sebelah timur ada desa Cipondok, di sebelah utara ada desa Sindangjawa dan di sebelah barat ada desa Sumurwiru, lebih tepatnya menurut titik koordinat;  Latitude = -7.072237 dan Longitude = 108.748059.

Pada tahun pelajaran 2001/2002 Sekolah ini mulai menerima siswa baru berjumlah 61 orang siswa untuk kemudian dibagi menjadi 2 kelas, dengan tempat belajar menumpang sementara di SMP Negeri 1 Cibingbin, hal ini karena bangunan belum selesai dibangun, tetapi animo masyarakat khususnya orang tua kelas VI SD-SD/MI di sekitar lokasi SMP Negeri 2 Cibingbin untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi sangat baik. Dengan maksud anaknya dapat sekolah ke SMP yang dekat dengan lokasi tempat tinggalnya. Sebagai Panitia pembangunan SMP Negeri 2 Cibingbin yakni :

Ketua : Drs. H. Hendarsyah

Sekretaris : Ono Dharsono Dian S, S.Pd

Bendahara : Ayo Sucahyo, S.Pd

Administrasi Keuangan  : Hindun

Pelaksana : 1. Ono Dartono

Tim Teknis : 1. Dadang Winandang

2. Rohani

3. Toto Sutarno

Kemudian Kepala Sekolah yang telah memimpin SMP Negeri 2 Cibingbin yakni :

Bapak Ono Dharsono Dian S, S.Pd,  dari tahun 2001  s.d. 2009

Bapak Jaenal Asikin, S.Pd sebagai Plt, dari tahun 2010 s.d. 2011

Bapak Drs. H. Jamhadi Hernadi, MM, dari tahun 2011 s.d. 2015

Bapak Drs. H. Karwaji, M.M.Pd, dari tahun 2016 s.d. 2018

Bapak H. Samud, S.Pd., M.Pd, sebagai Plt, dari tahun 2018 s.d. 2019

Bapak Kurdi, M.Pd, dari tahun 2019 s.d. 2021

Bapak H. Cipto, S.Pd., MM, dari tahun 2021 s.d. Sekarang

Pada waktu awal pendirian, bangunan yang di bangun hanya ; Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, ruang TU, ruang Mushola, Rumah Dinas Kepala Sekolah, Mushola, WC siswa dan Guru, Laboratorium IPA, dan 6 ruang belajar, Lapangan Utama (Upacara/basket), Lapang bola voli.

 Kemudian secara perlahan namun pasti SMP Negeri 2 Cibingbin terus berbenah dan berkembang, kini ruang belajar 12 kelas, Perpustakaan, ruang laboratorum IPA, ruang laboratorium Komputer (TIK), Ruang Meating, Aula Pertemuan (Auditorium), Taman ASRI sekolah telah tampak Indah dan menawan. 

Pada tahun 2015 SMP Negeri 2 Cibingbin berhasil meraih sertifikasi Sekolah Standar Nasional (SNN) dari kementrian Pendidikan Nasional. Selain berkembang secara fisik, SMP Negeri 2 Cibingbin terus berkembang serta meraih berbagai prestasi di berbagai bidang baik Akademik, Seni Budaya maupun Olah raga. Mulai tingkat Kecamatan, tingkat Gugus, tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi, bahkan tim Angkol (Angklung dan Kohkol) pernah tampil di TV Nasional.

Kini SMP Negeri 2 Cibingbin telah menjadi salah satu Sekolah kebanggaan warga masyarakat kecamatan Cibingbin pada khususnya dan Kabupaten Kuningan pada Umumnya.


Penulis:

H. Sobarudin, M.Pd.I



PRASASTI PENDIRIAN








SERTIFIKAT SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)





PIAGAM SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DO'A PENUTUPAN PERKEMAHAN

Akrostik : AHAD BAHAGIA

DO'A PEMBUKAAN PERKEMAHAN